Gerakan Wakaf Al Quran

Gerakan Wakaf Al Quran

Yuk ikut gerakan wakaf quran wujudkan #sejutaquran kuatkan Indonesia dengan paket wakaf Rp. 100.000

Dana tersedia
Rp. 0

Info Lembaga

Badan Wakaf Al Quran

Badan Wakaf Al Quran

Akun Terverifikasi

Tentang program

Sebagai negara muslim terbesar di dunia Indonesia memiliki problem berupa ketersediaan Al Qur’an. Menurut data bahwa kebutuhan al Qur’an adalah 2 juta eksemplar tiap tahun. Angka tersebut didasarkan pada jumlah pasangan pengantin yang menikah setiap tahun di KUA. Asumsinya, setiap pasangan pengantin diberikan 1 mushaf Al Qur’an. Sehingga secara riil kebutuhan al Qur’an di masyarakat jauh lebih besar, bahkan lebih dari 2 juta eksemplar pertahun.

Berdasarkan hal ini, Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) sebagai NGO Islam yang fokus pada wakaf. Ingin mengambil posisi dan peran dalam pengadaan al Qur’an berupa wakaf dan mendistribusikannya sampai pelosok Indonesia.

Mengambil Tema 2020SejutaQuran kuatkan Indonesia diharapkan bisa meningkatkan dan mempercepat kampanye yang dilakukan BWA untuk menggalang dana Wakaf untuk pengadaan Al Qur’an.

Bentuk Kegiatan

Setiap Distribusi al Qur’an ke daerah biasanya diberi nama “Al Qur’an Road Trip”. Sehingga Al Qur’an tidak sekedar didistribusikan, namun juga dipastikan tepat sasaran.

Sejak berdiri tahun 2005 sampai November 201, badan wakaf Al Qur’an telah berhasil menghimpun dan mendistribusikan Al Qur’an sebanyak 810.101 eksemplar Al Qur’an. Pada tahun 2020 ini, Badan Wakaf Al Qur’an menargetkan mampu menghimpun dan mendistribusikan Al Qur’an sebanyak sejuta Al Qur’an.

Distribusi Al Qur’an akan dilaksanakan di daerah rawan pendidikan dan aqidah yang tersebar di penjuru Indonesia. 

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman program ini adalah milik lembaga (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Amalsholeh.com.

Fundraiser

Lihat Semua
Pendekar Gundul

Pendekar Gundul

Berhasil mengajak 54.985 orang untuk berdonasi
Rp 5.702.150.155
Pendekar Wakaf

Pendekar Wakaf

Berhasil mengajak 5.668 orang untuk berdonasi
Rp 597.674.482
P

Putri

Berhasil mengajak 336 orang untuk berdonasi
Rp 28.164.646

Yuk jadi Fundraiser
program ini

Berita Terbaru

Lihat Semua

27 Dec 2023

Pencairan Dana Rp 62.500.000

Bangka belitung terletak berbatasan sebelah utara dengan Laut Natuna, sebelah timur dengan Selat Karimata, sebelah selatan dengan Laut Jawa, dan sebelah barat dengan Selat Bangka. Menurut data BPS, pada tahun 2020 lalu jumlah penduduknya mencapai 1.517.590 Jiwa.

Perjalanan Survey

“Semenjak kedatangan tim BWA pada Juli 2019 lalu dengan membawa 5.000 eksemplar Al Quran wakaf menggunakan Kapal Wakaf KM JPTN Fatahillah memberi angin segar bagi saudara muslim kita terkhusus yang tinggal di wilayah pulau terluar dan terpencil,” ujar Fakhrudin Halim selaku partner Lapang BWA untuk wilayah Bangka Belitung.


(Distribusi Al-Qur’an dengan Kapal Dakwah JPTN Fatahillah pada 2019 Lalu)


Lanjutnya, alhamdulillah sebanyak 5.000 mushaf disalurkan ke 50 lembaga yang tersebar di daerah Pangkal Pinang, Pulau Lepar, Pulau Nasik, Tanjung Pandang, Teluk Gembira Membalong, dan Pulau Seliu. Penerimanya antara lain pesantren, majelis taklim, masjid, mushala, dan masyarakat.

Saat perjalanan bersama team BWA kami berjumpa dengan Ustadz Tabah, Bendahara masjid Al Hidayah, Belinyu, Bangka Belitung beliau mengatakan, “Dulunya agama kepercayaan masih banyak di daerah ini namun seiring berjalannya waktu mereka belajar Islam dan menjadi muslim, namun dikarenakan kurangnya pengajar yang mengajari mereka, kelihatannya mereka belum memiliki arah yang jelas atas keyakinan Islam mereka ini," ujarnya.


(Kegiatan Distribusi Al-Qur’an untuk Masyarakat Babel 2019)

“Sarana prasarana untuk mengajar di sini juga sangat terbatas, apalagi buku Iqra dan Al-Qur’an. Kalo mencari harus ke toko buku sekalipun ada harganya mahal, kualitasnya gak begitu bagus. Maka dari itu kalo ada sanak di jawa yang merantau jika balik kampung minta dibawakan Al-Quran tapi ya begitu tidak banyak,” lanjut Ustadz Tabah.

Ustadz Tabah juga mengatakan, anak-anak desa Gunung Pelawan, Balinyu saat ini memiliki antusiasme yang sangat tinggi untuk belajar membaca Iqro dan Al-Qur’an. Menurut Tabah, ada orang tua yang memiliki agama “Aliran Kepercayaan” tapi ketika anaknya ingin belajar Islam, tidak ada larangan dari orang tua mereka. "Orang tua mereka tidak melarang, mereka biarkan untuk belajar kepada pengajar, walaupun pengajarnya masih terbatas," tuturnya.

Rencana Project Distribusi Al Quran Wakaf di BABEL

BWA berencana menggalang 100.000 Al Qur’an wakaf untuk disalurkan untuk saudara-saudara kita di Kepulauan Bangka Belitung mulai dari Mushola, Masjid, Pesantren, Majelis Taklim, TPQ dan rumah penduduk yang belum memiliki mushaf Al Qur’an yang layak.

BWA juga berencana membuat kegiatan pembinaan baca Al-Qur’an di beberapa daerah yang sangat minim kegiatan pembinaan.

Distribusi akan dibagi kebeberapa tahap untuk melihat perkembangan dan pertumbuhan TPQ serta minat baca Al-Qur’an. Rencananya Al-Qur’an wakaf ini akan diutamakan pembagiannya ke wilayah pulau terluar terlebih dahulu seperti di Pulau Nasik, Pulau Seliu, Pulau Rotan, Pulau Lait, Pulau Lepar, Pangkal Pinang, Kab Bangka, Kab Belitung.



HA

Hamba Allah

2 jam yang lalu

Rp 10.000

HA

Hamba Allah

4 jam yang lalu

Rp 50.000

HA

Hamba Allah

8 jam yang lalu

Rp 10.000

HA

Hamba Allah

8 jam yang lalu

Rp 1.000

HA

Hamba Allah

9 jam yang lalu

Rp 10.000

Donasi Rutin